Khutbah Jum’at : Cermin

8 08 2008

Jumat, 08/08/2008

Khutbah kali ini dimulai dengan sebuah perumpamaan, “Muslim yang satu adalah Cermin bagi Muslim lainnya” (hadits). Mulanya saya tidak mengerti apa makna hadits tersebut. Lalu timbulah asumpsi yang lain, bahwa keadaan (muslim) seseorang dapat atau tidak dapat mencerminkan keadaan (muslim) lainnya. Benar atau salah?

Yuk, kita mulai dari sedikit saja mempelajari hadits diatas. Pertama, seorang muslim seharusnya merupakan kontrol sosial bagi muslim yang lainnya. Islam telah mengajarkan kepada kita untuk salaing menasihati dalam kebenaran dan kasih sayang. Saling menasihati dijalankan sebagai sebuah kontrol terhadap keadaan keimanan dan akhlaq Muslim yang lainnya. Jadi, dari pelajaran hadits yang pertama ini, pantas ketika kita bertanya kepada diri kita, bagaimana kualitas keimanan seseorang, akhlak seseorang yang ada di sekitar kita. Apabila akhlaqnya mulia, maka kita patut bersyukur bahwa kita berada dalam lingkaran yang aman, bahwa kita merupakan cermin dari mereka, dan mereka adalah cermin bagi kita.

Kedua, seorang Muslim harus memberikan rasa aman terhadap muslim lainnya. Saya rasa untuk penjelasan kedua ini sudah sangat jelas. Darah seorang muslim haram untuk ditumpahkan oleh muslim lainnya atau kita.

Ketiga, seorang muslim harus menjaga rahasia muslim yang lainnya. Pernah kah kita melihat bayangan orang lain, di cermin yang sedang kita hadapi, ketika orang tersebut sudah tidak ada. Bagaimana cermin bisa merahasiakan bayangan seseorang yang telah bercermin adalah sebuah makna, bahwa kita tidak layak untuk memperbincangkan seseorang, lebih-lebih memfitnah, ghibah atau gossip.

Bahkan dalam Alquranulkarim, Allah telah berfirman bahwa kita dilarang ghibah terhadap orang lain, siapa tahu orang tersebut lebih baik daripada kita.

So, jadilah cermin terhadap teman, sahabat atau muslim yang lainnya..:)


Actions

Information

One response

8 08 2008
katahatiratna

Mirror..mirror hanging on the wall..
Pliz be honest of everything about me!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: