Petualangan ke Kepualan Seribu (P. Untung Jawa)

3 09 2008

Rabu, 03 Sepetember 2008, kami dari tim LKC Dompet Dhuafa Republika berkesempatan menjelajahi kepualan seribu yaitu P. Untung Jawa . Pulau untung jawa merupakan salah satu pulan dari puluhan pulau di Kepulauan seribu. Ditengah suasana puasa seperti ini, ternyata kami (tim) masih sanggup untuk berkelana (pesan ke-1 : PUASA? AKTIVITAS JALAN TERUS..)

Fuuhhhh..suatu petualangan yang sangat menarik. Kami melakukan penyebrangan dengan menggunakan kapal motor khusus penumpang dari wilayah Teluk Naga Kab. Tangerang. Nah, di perjalanan menuju Kep. Seribu, mesin kapal motor yang kami tumpangi (KMKT) mendadak mati. Ya, mati!! (pesan ke-2 : SIAPKAN MENTAL ANDA JIKA KAPAL MOTOR YANG ANDA TUMPANGI MENDADAK MATI, NAH LHO..)

Kontan ditengah-tengah deru ombak yang waktu itu lumayan tinggi (versi saya), KMKT sempat terombang-ambing selama ± 5 menit. KMKT goyang kanan goyang kiri, dan miring kanan miring kiri mendekati kemiringan 45°. Saya yang belum terbiasa dengan keadaan tersebut tentu sangat tegang, dibanding dengan tim yang lainnya (Br. Adi, dr. Wid & Zr. Bunda Widya). Salah satu anak kapal mencoba menyelam untuk mengecek baling-baling KMKT. Ternyata eh.. ternyata…ada karung dan beberapa ikat sampah yang nyangkut di baling-baling air kapal motor yang kami tumpangi (pesan ke-3: JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN!!!!)

Alhamdulillah, setelah 30″ berlalu, KMKT tiba di dermaga P.Untung Jawa, dengan penuh suka cita saya bersyukur, ternyata saya bisa sampai ke P.Untung Jawa dengan selamat. Meskipun tubuh saya lemas, mungkin karena tegang, mengeluarkan banyak hormon adrenalin akibat tidak biasa dengan gelombang laut, perut mual dan kepala pusing, snut..snut..:D (pesan ke-4 : SIAPKAN 100 ml HORMON ADRENALIN, SEBAGAI ANTISIPASI JIKA ANDA MENGALAMI SHOK)

Di P. Untung Jawa kami bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, mitra kami di DD Republika, Pak. Lurah dan keluarga masyarakt di sekitar. Mereka ramah-ramah dan sangat welcome dengan rencana agenda yang akan kami laksanakan di Kep. Seribu. Oya, sebagai tambahan info, pada saat kami sedang melakukan kunjungan, keadaan di P.Untung Jawa dan pulau-pulau lainnya sedang mati lampu, akibat terjadi trouble kabel bawah air yang menghubungkan arus listrik ke Kep.Seribu. (pesan ke-5 : APABILA ANDA MAU MENGINAP, SEDIA PETROMAK SENDIRI)

Setelah ±2 jam melakukan kunjungan, kami bersiap-siap kembali ke jakarta pada jam 13.30. Tapi, kami terlambat melakukan chek in (pura-puranya lah..) akibat ketiduran di mesjid setelah shalat dzuhur. Terpaksa, kami menunggu KMKT yang akan berangkat mulai jam 15.00. Tapi, itu semua membawa hikmah. Tim kaum hawa kami, bisa sedikit beristirahat di rumah warga yang menjadi mitra kami, mendapat resep masakan ikan plus ikannya, masakan kue dan lain sebagainya. Saya sendiri mendapatkan keripik sukun gratis, hehe. (pesan ke-6 : BAWALAH KANTONG PALSTIK YANG BESAR DAN BANYAK, UNTUK ANTISIPASI PEMBERIAN IKAN DAN MAKANAN YANG ANDA TERIMA DARI WARGA SECARA GRATIS). Ngarep…..:P

Demikianlah pengalaman kami di hari tersebut. Dan inilah beberapa foto yang berhasil kami ambil :

Om kurus lagi nangkring di pinggir dermaga

Om kurus lagi membentangkan tangan dan Om kurus yang siap-siap naek KMKT balik ke Jakarta

NB : Foto-foto lainnya kapan2 ja ya, koneksi internet di rumah saya lagi trouble,,maaf ya..:)


Actions

Information

8 responses

5 09 2008
zizah

kok sempet ya..foto2 sendiri gt… unik..😛

5 09 2008
catatanhadi

emang ane orang unik zi,,ada yang bilang lucu, aneh..itulah saya, kadang otak kanan saya yang mendominasi, kdang otak kiri..
foto2 tersebut ane ambil ketika hormon adrenalin saya nyusut ampe sisa 35% gara2 terombang ambing di laut..hiiiiiiii:D
Dengan foto2, bisa bikin lebh rileks…:)

5 09 2008
Mbak Ratna

Pesan Ke-7 :nasi goreng 2, jus terung blandanya 2 juga ya. nasi gorengnya yang pedes ya om…hehehe..gpl om!
Pesan Ke-8 : Lain kali jgn bnyk2 pesennya, ntar bayarnya mahal lho om!

7 09 2008
catatanhadi

yeee..mbak Ratna Iri, gak diajak ke kep.1000..huuuu yang pasti, lebih seru daripada naik roarcoaster, tunderbolt, kora2, pontang-panting dsb.
yg psti naik kapal motor nelayan kep1000 lebih asyik:)

7 09 2008
nAsruni

oh dari LKC toh,
kenal sama Attin ga?
yang kuliah di Belanda itu.

8 09 2008
catatanhadi

Yup, saya kerja di LKC. Mbak Attin? Ya saya kenal namanya, karena pernah mengirimkan contoh surat rekomendasi beasiswa. Beliau sudah resign dari LKC, katanya sih skg kerja di KNCV..
temen mbak Attin?

12 09 2008
katahatiratna

ya elah om, ngapain juga ke kep.1000 aja iri.palingan dapet duit 1000 kan? kalo ke kepulauan 1 milyar baru saya iri, ntarkan dapet 1M jg..:)
jgn2 turun dari kapal langsung triak…tiiiiittttt(triakan yg sama setelah turun dr rollercoaster!isi sendiri ya…)
hweheheheheheheh….piss om!\/

17 09 2008
umirahayu

duuh foto qm yang di bojonegoro lutu bgt c

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: