Obrolan di Taxi

23 11 2008

“Kenapa banyak sekali orang serakah dengan melakukan KKN (Korupsi, Kolusi & Nepotisme) ya Mas?”, tanya seorang sopir taxi kepada saya.

“Banyak faktor mungkin Pak, bisa karena permintaan Isteri yang macam-macam atau mungkin adanya kesempatan untuk melakukan korupsi sangat besar di Indonesia”, Jawab saya seadanya sambil sedikti tertawa. Jawaban saya cukup mendasar.

Saya pernah mendengar ceramah dari kiayi kondang,,AA Gym pernah  menngatakan bahwa salah satu faktor kenapa para lelaki yang sudah memiliki isteri melakukan Korupsi adalah karena kadangkala permintaan dari isterinya yang terlalu berlebihan, sehingga menyebabkan sang sumi ‘mencari’ sumber pemasukan yang berasal dari korupsi. Tentu, hal tersbut merupakan salah satu faktor kecil saja, banyak faktor lain yang menyebabkan seseorang melakukan korupsi.

Sesampainya saya dirumah, saya mencoba membaca beberapa novel yang baru saja saya beli di Indonesian Book Fair, di JCC baru-baru ini. Ada novel ‘The Naked Traveler’ yang mengisahakn seorang wanita Indonesia yang telah melakukan perjalanan ke berbagai tempat penjuru dunia. Menarik Memang, selain dikarenakan perjalanannya ala bakcpacker , penulisan dalam novel tersebut terkesan spontan dan apa adanya, tercampur dengan humor dan sindiran-sindiran subjektif dari penulis terhadap pengalaman-pengalaman perjalanannya.

Ngomong-ngomong soal perjalanan, saya pribadi di usia 23 tahun sudah mengalami banyak perjalanan, sisa perjalanan menyusuri Nusantara hanya tersisa di beberapa wilayah Indoensia Timur, khususnya Papua dan Kepulauan Maluku (InsyaAllah aka terealisasi:). Untuk perjalanan ke luar, ya sudah beberapa kali menginjakan kaki di beberapa negara tetangga yang bebas visa itu. Akan tetapi, saya teringat sebuan ungkapan seorang Diplomat yang tentu saja sudah melakukan banyak sekali perjalanan ke luar, bahwa The Longest Journey is the Journey in Me , Perjalanan Yang Paling Panjang (jauh) adalah Perjalanan dalam Diri Saya.

Apa itu perjalanan ke dalam diri?. Sebuah perenungan/kontemplasi yang memberikan pertanyaan yang mendasar bagi manusia, sebagai manusia itu sendiri-Human Being. Sebagai Human Being, kita dituntut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan : dari mana saya berasal, apa yang sedang saya lakukan, untuk apa saya melakukannya dan kemana kita akan kembali. Pertanyaan ini hanya bisa dijawab dengan sebuah perenungan atau kontemplasi yang amat mendalam. Manusia sesungguhnya adalah mereka yang sudah menemukan jawaban dari pertanyaan diatas. Manusia yang tentu akan lebih bijak dalam bertutur dan bertindak.

Banyak manusia yang disibukan dengan pekerjaannya, pergi dari rapat satu ke rapat yang lainnya, dari presentasi ke presentasi lainnya seolah-olah tidak punya waktu untuk sedikit merenung atau kontemplasi atau sebuah muhasabah dirinya sendiri. Tipe manusia ini beranggapan bahwa untuk disebut sebagai manusia mereka menunjukan dengan kesibukannya dalam bekerja, mereka itu adalah Manusia Pekerja-Human Doing.

Ada juga (bahkan banyak) manusia yang eksistensinya akan lebih diakui dengan menunjukan harta benda yang dimilikinya, rumah mewah, mobil-mobil canggih dan perhiasan-perhiasan yang dikumpulkannya, hanya sekedar ingin ‘diakui’ sebagai manusia, mereka adalah tipe manusia pemilik –Human Having.

Barangkali, itulah jawaban “Kenapa banyak sekali orang serakah dengan melakukan KKN (Korupsi, Kolusi & Nepotisme) ya Mas?”

Lalu, akan menjadi manusia apa kita?


Actions

Information

2 responses

29 11 2008
ratna kusuma

kadang kita bingung jga ya menjawab pertanyaan2 dari orang awam,. tapi jangan salah karena kadang atau bahkan sering malah mereka yang lebih tau tentang informasi dan kehidupan yang berseliweran ini.
hmmm…. untungnya oom kurus bisa menjawab, walaopun itu adalah salah satu atau dua dari banyak faktor kenapa orang korupsi.
***
btw..
untuk tulisan dibawahnya ttg human being…syukron ya, jadi ngingetin kalo selama ini belum bisa menyelami apa dan bagaimana diri ini. terutama apa sebenarnya yang dicari selama ini dalam hidup.
gak trasa udah mau 23 tahun tapi ngrasa belum jadi apa2 dan belum berbuat apa2…
tengkyu oom…:)

21 04 2009
Dede

Keren..jadi pengen baca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: